Belajar Setup Python virtual environments Di Linux Ubuntu

Lingkungan virtual adalah alat yang memungkinkan Anda membuat folder lokal dengan serangkaian versi perpustakaan yang diperlukan untuk mengerjakan proyek terpisah.

Lingkungan virtual yang berbeda mungkin memiliki kumpulan paket berbeda dengan versi berbeda. Saat mengerjakan proyek tertentu, Anda cukup beralih ke lingkungan yang sesuai dan masalahnya hilang. Anda dapat menggunakan lingkungan yang sama di beberapa proyek sekaligus. Selain itu, hal ini menghilangkan masalah penyumbatan sistem dengan paket, karena lingkungan dapat dengan mudah dibuat dan dihapus. Membuat proyek di situs sebaiknya menggunakan lingkungan virtual.

Saat mengembangkan aplikasi Python, mungkin ada sejumlah masalah yang terkait dengan penggunaan perpustakaan dengan versi berbeda. Mari kita lihat lebih dekat, masalah perbedaan tersebut.
  1. aplikasi yang berbeda mungkin menggunakan perpustakaan yang sama, tetapi versi yang diperlukan mungkin berbeda.
  2. Anda mungkin perlu melarang perubahan pada aplikasi di tingkat perpustakaan, yaitu Anda telah menginstal aplikasi dan ingin aplikasi itu berfungsi terlepas dari apakah perpustakaan Anda sedang diperbarui atau tidak. Jika aplikasi menggunakan perpustakaan dari repositori global, masalah mungkin timbul seiring berjalannya waktu.
  3. Anda mungkin tidak memiliki akses ke direktori database perpustakaan global.
Untuk mengatasi masalah ini, kami menggunakan pendekatan berdasarkan pembangunan lingkungan virtual, semacam kotak pasir tempat aplikasi berjalan dengan pustakanya sendiri, dan memperbarui atau mengubahnya tidak akan memengaruhi aplikasi lain yang menggunakan pustaka yang sama.




1. Perbarui Advanced Packaging Tool

Di sistem Linux Ubuntu dan distro berbasis Debian lainnya, Python 3 dan Python 2 diinstal secara default, jadi langkah pertama adalah memperbarui paket. Masuk ke server Ubuntu anda dan Login sebagai super user atau root kemudian perbarui paket Python menggunakan APT (Advanced Packaging Tool).

Update apt
root@ns5:~# apt update
root@ns5:~# apt upgrade -y
Argumen -y pada perintah di atas digunakan untuk mengkonfirmasi otomatis permintaan sistem apapun. Setelah itu, anda periksa versi python yang terinstal di server Ubuntu anda dengan perintah di bawah ini.

Periksa versi Python
root@ns5:~# python3 -V
Python 3.10.12

2. Instal Python virtualenv

Anda dapat memasang Virtualenv menggunakan pip manajer, atau mengunduh kode sumber proyek dan menginstal aplikasi secara manual. Untuk mulai memasang virtualenv, buka konsol dan ketik perintah berikut.

Pasang Python pip
root@ns5:~# apt install python3-pip
Setelah selesai memasang pip, sekarang anda dapat memasang paket Python menggunakan perintah pip. Sebelum anda menggunakan perintah pip, aktifkan terlebih dahulu Python virtualenv dan pasang dependensi yang dibutuhkan Python virtualenv.

Pasang dependensi
root@ns5:~# apt install -y build-essential libssl-dev libffi-dev python3-dev python3-venv

3. Aktifkan Python virtualenv

Pada bagian ini kami akan memberikan contoh cara pembuatan Python virtualenv. Agar lebih mudah dipahami, kita buat folder baru untuk bekerja di lingkungan virtualenv.

Buat folder untuk Python virtualenv
root@ns5:~# mkdir -p /var/pythonenv
root@ns5:~# cd /var/pythonenv
root@ns5:/var/pythonenv# python3 -m venv aplikasi_ENV
Sekarang anda dapat melanjutkan dengan menagktifkan lingkungan virtual Python dengan perintah di bawah ini.

Aktifkan Python virtualenv
root@ns5:/var/pythonenv# source aplikasi_ENV/bin/activate
(aplikasi_ENV) root@ns5:/var/pythonenv#
Perhatikan skrip warna biru di atas, bila sudah muncul shell prompt di atas, artinya anda sudah aktif di lingkungan virtual Python dan dapat bekerja di lingkungan virtual tersebut. Langkah pertama yang harus anda kerjakan update pip ke versi terbaru.

Update pip
(aplikasi_ENV) root@ns5:/var/pythonenv# pip install --upgrade pip
Periksa versi pip yang sedang anda gunakan untuk bekerja di lingkungan virtual Python.

Cek versi pip
(aplikasi_ENV) root@ns5:/var/pythonenv# pip -V
pip 24.0 from /var/pythonenv/aplikasi_ENV/lib/python3.10/site-packages/pip (python 3.10)

4. Cara Menggunakan pip di Python virtualenv

Setelah lingkungan virtual Python anda aktif dan anda berada di lingkungan virtual tersebut, Setiap paket Python yang anda instal akan diisolasi ke lingkungan virtual ini. Sebelum anda menggunakan lingkungan virtual tersebut, pastikan bahwa beberapa paket Python penting dalam lingkungan virtual sudah diperbarui.

Perbarui paket Python virtualenv
(aplikasi_ENV) root@ns5:/var/pythonenv# pip install -U setuptools pip
Saat ini semua paket python virtualen telah anda perbarui. Kami akan berikan contoh cara memasang paket Python "termcolor". Setiap paket Python yang akan anda pasang/instal harus menggunakan perintah pip. berikut contoh cara memasang paket "termcolor" di lingkungan virtual Python.

Cara instal paket Python di virtualenv
(aplikasi_ENV) root@ns5:/var/pythonenv# pip install termcolor
Dengan beberapa contoh di atas, sudah cukup jelas cara menggunakan perintah pip di lingkungan virtual Python. Bila anda ining mematikan atau non aktifkan Python virtualenv, jalankan perintah di bawah ini.

Non Aktifkan Python virtualenv
(aplikasi_ENV) root@ns5:/var/pythonenv# deactivate
root@ns5:/var/pythonenv#
Melalui artikel ini, Anda telah mempelajari cara membuat lingkungan virtual Python dengan benar untuk proyek Python anda di Ubuntu. Pada artikel ini juga telah kami bahas cara memasang Python virtualenv beserta cara menginstal aplikasi dengan pip. Dengan adannya lingkungan virtual Python, anda dapat membuat proyek besar Python di lingkungan virtualnya tanpa adanya perbedaan versi atau depenednesi dengan program Python lainnya yang juga anda jalankan di Ubuntu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url