Panduan Linux Untuk Kompres dan Ekstrak File dengan Winrar dan Winzip

Pada sistem operasi Windows, File dengan format rar dan zip adalah folder terkompresi yang berisi berbagai file dan direktori. File biasanya dikompresi menjadi satu file yang bila di ekstrak menjadi puluhan bahkan ratusan file. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengorganisasian file, mencegah integritas data dan meningkatkan keamanan.

Jika anda menggunakan Linux seperti Ubuntu memungkinkan pengguna untuk mengarsipkan dan mendekompresi file dan direktori. Banyak aplikasi yang dapat anda pakai untuk mengekstrak dan mengkompres file.

Perintah zip salah satu sistem pengarsipan yang paling banyak digunakan oleh pengguna Linux. Perintah ini mendukung pengkompresan data berukuran besar tanpa kehilangan data. Penggunaan perintah Zip dapat mengurangi ukuran data atau file, sehingga akan menghemat ruang disk pada sistem. Tak hanya itu, format zip juga sering disebut aplikasi lintas platform yang dapat digunakan hampir diseluruh sistem operasi.



1. Cara Menggunakan File ZIP

Karena pengguna Windows hampir merata diseluruh dunia, jadi wajar jika file format zip/rar merupakan bentuk arsip terkompresi yang paling umum di dunia. Sedangkan di sistem Linux secara default telah menetapkan file tar.gz dan tar.bz2 untuk kompresi filenya. Jika suatu saat anda akan mengirim file hasil kompresi Linux ke pengguna Windows, apa yang terjadi?. Windows tak mendukung pembacaan file format tar.gz dan tar.bz2. Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna Linux bisa menggunakan Winzip seperti yang digunakan pengguna Windows.

a. Install Winzip

Pada postingan ini, kami akan menjelaskan cara menggunakan aplikasi Winzip di Linux. Sebelum anda mulai menginstall Winzip, lakukan update apt untuk mendapatkan versi terbaru Winzip.

Update apt
root@ns5:~# apt update
root@ns5:~# apt upgrade
Jalankan perintah di bawah ini untuk menginstal Winzip Di Linux Ubuntu.

Install Winzip
root@ns5:~# apt install zip
root@ns5:~# apt install unzip

b. Kompresi file dengan Winzip

Untuk memudahkan proses pembelajaran, kita akan buat folder kerja baru di /tmp dan kita berinama folder tersebut "ziprar". Anda dapat mengetikkan skrip di bawah ini untuk membuat folder kerja baru tersebut.

Buat direktori kerja baru
root@ns5:~# mkdir -p /tmp/ziprar
root@ns5:~# cd /tmp/ziprar
root@ns5:/tmp/ziprar#
Setelah anda selesai membuat folder tersebut, untuk mempermudah praktek penggunaan Winzip unduh file zip dari repositori Github dengan perintah berikut ini.

Buat direktori kerja baru
root@ns5:/tmp/ziprar# git clone https://github.com/feross/cross-zip.git
Nach, sekarang kita telah punya file zip yang akan kita gunakan sebagai bahan praktek. Bailah sekarang kita langsung mulai saja mengkompres/packinng file zip hasil unduhan di atas dengan perintah di bawah ini.

Kompresi Banyak file ke satu file *.zip
root@ns5:/tmp/ziprar# cd cross-zip
root@ns5:/tmp/ziprar/cross-zip# zip -r documents.zip /tmp/ziprar/cross-zip
Pada contoh skrip di atas, anda melakukan kompresi file yang ada di /tmp/ziprar/cross-zip menjadi satu file zip bernama documents.zip. File hasil kompresi akn berada di folder yang sama, artinya di folder /tmp/ziprar/cross-zip.

Jika anda hanya ingin mengkompresi beberapa file saja dan menempatkan file hasil kompresi tersebut di folder "siapkirim". Berikut contoh mengkompresi 4 file dan hasil kompresinya disimpan di folder /var/siapkirim dengan nama "filesiapkirim.zip"

Kompresi Banyak file ke satu file *.zip
root@ns5:/tmp/ziprar/cross-zip# mkdir -p /var/siapkirim
root@ns5:/tmp/ziprar/cross-zip# zip /var/siapkirim/filesiapkirim.zip README.md package.json LICENSE index.js
Bagi orang yang terbiasa bekerja dengan Windows, pasti sering menemukan file zip yang di password. Pada sistem Linux, anda dapat membuat file zip dengan password. Kami akan berikan contoh mengkompresi file kedalam format.zip dengan menggunakan passwor. Di bawah ini contoh skrip yang bisa anda praktekkan.

Kompresi file dengan password
root@ns5:/tmp/ziprar/cross-zip# zip -r -e -P router123 /var/siapkirim/Archive.zip /tmp/ziprar/cross-zip
Pada skrip di atas kita menggunakan password "router123" dan file hasil kompresi disimpan di folder /var/siapkirim dengan nama "Archive.zip".


c. Ekstrak file dengan Winzip

Pada baian ini kita akan membahas penggunaan perintah unzip untuk mengekstrak file. Bentuk sederhana dan simple dari perintah unzip bila digunakan tanpa argument apapun akan mengekstrak semua file dari arsip ZIP yang ke direktori saat ini. Perhatikan contoh berikut.

Ekstrak file zip tanpa argumen/opsi
root@ns5:/tmp/ziprar/cross-zip# unzip documents.zip
Perintah unzip juga bisa digunakan untuk mengekstrak file zip ke direktori tertentu. Pada contoh ini kita akan mengekstrak file zip /tmp/ziprar/cross-zip/documents.zip, dan hasil ekstrak akan kita simpan di /var/siapkirim.

Ekstrak file zip ke direktori tertentu
root@ns5:/tmp/ziprar/cross-zip# unzip documents.zip -d /var/siapkirim
Jika Anda ingin menimpa file yang sudah ada tanpa permintaan, gunakan parameter -o.

Ekstrak file zip dengan menimpa file yang sudah ada
root@ns5:/tmp/ziprar/cross-zip# unzip -o documents.zip -d /var/siapkirim

2. Cara Menggunakan File RAR

Roshal ARchive atau yang biasa disebut RAR adalah format file yang dirancang untuk kompresi dan pengarsipan data. Pada sistem Linux Ubuntu, program rar perlu diinstall terlebih dahulu. Berikut ini perintah yang digunakan untuk menginstall rar.

Install Winrar
root@ns5:~# apt install rar
root@ns5:~# apt install unrar
Setelah anda berhasil menginstall program rar, anda dapat melanjutkannya dengan melakukan pengekstrakan atau pengompresan file dengan format rar.

a. Kompresi file dengan Winrar

Di bawah ini adalah contoh sederhana cara mengkompresi file ke dalam format *.rar (kita guanakan folder yang suah ada).

Kompres/packing file kedalam format rar
root@ns5:/tmp/ziprar/cross-zip# rar -r a filerarsaya.rar /tmp/ziprar/cross-zip
Perintah di atas akan mengkompres seluruh file yang ada dalam folder. Anda dapat mengkompres beberapa file saja. Contoh di bawah ini akan mengkompres 4 file ke dalam format *.rar.

Kompres beberapa file saja kedalam format rar
root@ns5:/tmp/ziprar/cross-zip# rar a filerarsaya1.rar index.js LICENSE package.json README.md
Selain itu, anda juga dapat menambahkan enkripsi ke file rar. Untuk melakukan ini, jalankan perintah di bawah ini.

Kompres file dengan password
root@ns5:/tmp/ziprar/cross-zip# rar a -hp filerarsaya2.rar index.js LICENSE package.json

b. Ekstrak file dengan Winrar

Mengekstrak file RAR sangat mirip dengan mengekstrak file ZIP. Jika anda menggunakan sistem Windows, ada banyak program untuk mengekstrak file RAR. Misalnya kita bisa menggunakan WinZip, 7-Zip, WinRAR dari RARLab, dan lain-lain.

Jika anda menginginkan semua file dalam arsip rar diekstraksi ke direktori yang sama dengan tempat arsip ditempatkan, jalankan perintah di bawah ini.

Ekstrak file *.rar
root@ns5:/tmp/ziprar/cross-zip# unrar x filerarsaya.rar
Contoh di bawah ini akan mengekstrak file rar ke direktori tertentu.

Ekstrak File RAR ke Direktori Tertentu
root@ns5:/tmp/ziprar/cross-zip# unrar x filerarsaya.rar -o /var/siapkirim
Setelah anda mempraktekkan isi artikel ini, sepertinya taka ada pembatas antara sistem Windows dan Linux, karena hampir semua aplikasiyang berjalan di Windows dapat dijalankan di Linux Ubuntu. Seperti aplikasi untuk mengkompres dan mengekstrak file. Di Windows biasanya kita menggunakan Winzip dan Winrar, di Linux juga kita menggunakan aplikasi tersebut. Jadi kedua aplikasi tersebut dapat dijalankan di Windows dan Linux.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url