Cara Buat IP Satis dan Hostname pada Server Linux Ubuntu

Menyiapkan alamat IP adalah salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh setiap administrator Linux dan Unix. Menyiapkan alamat IP dalam mode GUI jauh lebih mudah, jadi kami tidak akan menjelaskannya dalam panduan ini. Tapi bagaimana dengan mode baris perintah? Tidak sesulit itu. Artikel ini menjelaskan cara mengatur IP statis di sistem Linux Ubuntu. TApi, isi artiekl ini juga bisa anda gunakan pada distro lainnya seperti CentOS, Debian, Redhat dan distro Linux lainnya.

Mengkonfigurasi jaringan di Server Ubuntu seperti IP statis dan dinamis dilakukan melalui utilitas Netplan. NetPlan adalah alat untuk mengelola pengaturan jaringan yang diperkenalkan di Ubuntu mulai dari versi 17.10 dan yang lebih baru.

Alat ini menggantikan file antarmuka statis /etc/network/interfaces yang sebelumnya digunakan untuk mengkonfigurasi antarmuka jaringan di Ubuntu. Sekarang Anda perlu menggunakan /etc/netplan/*.yaml untuk mengubah pengaturan antarmuka jaringan pada Ubuntu.


1. Setup Local Network
Jika Anda seorang administrator sistem Linux, pasti ada saatnya Anda perlu mengatur alamat IP statis. Tidak seperti komputer desktop, di mana Anda dapat menggunakan alamat IP dinamis dan statis dengan sangat mudah. Tapi bagi yang baru belajar Linux, mengkonfigurasi IP statis pada sistem yang berbasis server agak menyulitkan. Karena semua dikerjakan dengan baris perintah shell.

Langkah pertama, anda periksa statistik network card yang terpasang di Ubuntu dengan perintah sebagai berikut.

Periksa Network card
root@ns7:~# ip link
root@ns7:~# ip addr
Seperti telah kita jelaskan di atas, IP statis Ubuntu di atur oleh Netplan. Sebelum menggunakan Netplan, Ubuntu menggunakan /etc/network/interfaces untuk mengatur IP statis dan dinamis. Netplan adalah alat manajemen jaringan default yang ada di ubuntu.

File konfigurasi di Netplan mengikuti sintaks yaml. Anda perlu membuat deskripsi yaml, sehingga Netplan akan menghasilkan file konfigurasi yang diperlukan untuk menghasilkan alamat IP statis dan dinamis. Ada dua metode yang didukung oleh Netplan yaitu NetworkManager, dan Systemd-networkd. Untuk mesin desktop  digunakan NetworkManager dan Systemd-networkd digunakan pada server tanpa GUI.

File konfigurasi Netplan ada di direktori /etc/netplan dengan ekstensi .yaml. Anda akan menemukan satu atau dua file YAML di direktori ini. Untuk membuat IP stais anda harus membuka file 00-installer-config.yaml. Berikut adalah caranya, gunakan editor nano untuk mengedit file tersebut.

/etc/netplan
root@ns7:~# cd /etc/netplan
root@ns7:~# nano 00-installer-config.yaml
# This is the network config written by 'subiquity'
network:
  ethernets:
    enp1s0:
      addresses:
      - 192.168.7.3/24
      nameservers:
        addresses:
        - 1.1.1.1
        - 8.8.8.8
        search:
        - datainchi.com
      routes:
      - to: default
        via: 192.168.7.1
  version: 2

Skrip file yaml di atas menejelaskan sebagai berikut:
IP server Ubuntu: 192.168.7.3/24
name server: 1.1.1.1  -  8.8.8.8
Domain: datainchi.com
Default gateway: 192.168.7.1
Ethernet Card: enp1s0


2. Setup Hostname

Selain membuat IP statis dan dinamis, pengetahuan membuat dan mengubah nama hostname server Ubuntu juga salah satu pelajaran yang harus anda kuasai.

Untuk memeriksa nama host sistem Ubuntu Anda saat ini, gunakan salah satu dari dua perintah yang tersedia.

Periksa nama Host
root@ns7:~# hostname
ns7
Periksa nama Host
root@ns7:~# hostnamectl
 Static hostname: ns7
       Icon name: computer-desktop
         Chassis: desktop
      Machine ID: af8180bf52a9442faa069474d0374db9
         Boot ID: c4fe592e4a3c4e578fa71ea7d765f1d2
Operating System: Ubuntu 22.04.4 LTS
          Kernel: Linux 5.15.0-101-generic
    Architecture: x86-64
 Hardware Vendor: To Be Filled By O.E.M.
  Hardware Model: To Be Filled By O.E.M.
Pada Ubuntu secara default file hostname berada di /etc/hostname. Untuk membuat nama Host di Ubuntu sangat mudah sekali. Jika anda menggunakan remote WinSCP di windows, anda bisa langsung membuka dan mengubah nama Host tersebut. Tapi jika anda ingin menggunakan baris perintah, jalankan sintaks di bawah ini untuk membuat Host baru di Ubuntu.

Buat Host baru
root@ns7:~# hostnamectl set-hostname ns5

Perintah di atas digunakan untuk membuat nama Host Ubuntu bernama ns5. Setelah anda menjalankan perintah di atas, agar perubahan tersebut dapat langsung berfungsi, kami sarankan anda merestart komputer Ubuntu anda.

Jika anda ingin menekuni bidang sistem administraot Linux, pengetahuan membuat IP statis, dinamis dan Host sangat penting. Anda harus sudah menguasai materi yang telah kami jelaskan pada artikel ini. Semoga artikel ini dapat membantu anda memahami Linux, sehingga menumbuhkan rasa cinta yang mendalam terhadap Linux.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url